Cerita SNMPTN

8:01 PM

Hi! Hari ini banyak dapet pertanyaan di Instagram tentang SNMPTN, kebetulan di blog yang lama (yang udah di private) pernah cerita tentang inii, mungkin bisa berguna bagi yang membutuhkan jadi silahkan bacaa (◕‿◕✿)
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Hari sabtu jam 16:59, gue ke kamar nyokap gue dan nangis karna ketakutan ga keterima snmptn, takut bgt ngecewain orang orang. Tibatiba lagi nangis gitu abang gue masuk ke kamar nyokap bilang "YEEAY KAKA KETERIMAA" terus gue langsung marah kan "abang apaansi boong apaansih" dalem hati gue "galucu gila gue lg panik" teruss tbtb dia kasih tunjuk hasilnya dari laptop gitu dan Alhamdulillah hasilnya kayak gini

YaAllah gue langsung makin nangis, meluk nyokap gue yang nangis juga dan sujud syukur. Nah skrgr gue mau cerita gimana caranya bisa keterima lewat SNMPTN

kelas 10 gue bisa dibilang gajelas. Belom rajin belajar belom segitunya sama ibadah dll. Tapi dari kelas 10 semester 2 gue udah nargetin diri gue harus keterima lewat SNMPTN undangan. Pas kelas 10 gue mau psikologi, jadi gue kayak cinta UI gitu lah dulu bener-bener ngedambain kuliah disana banget. Pas kelas 10 tuh nilai gue bisa dibilang amburadul. 67 di rapot aja ada. Setelah naik ke kelas 11 gue ada di kelas IPS dan gue mau buktiin gue mampu dapet undangan dan gue mau jauh lebih rajin dari yang dulu. Akhirnya gue belajar tiap minggu les matematika bisa 3-4 kali. Belajar sampe jam 2 pagi, selalu ngerangkum kalo pelajaran ips dan selalu pengen ngomong apa yang udah gue pelajarin ke temen2 yang lain (kayak belajar bareng gt) biar gue makin inget. Menurut gue kayak gitu ya ngaruh karna kalo udah baca, ngerangkum, dan diomongin lagi pasti jadi makin inget. Tibatiba benerrrran deh gue seganyangka itu kelas 11 semester 1 gue rangking 1 (alhamdulillah bgt). Ini gaakan kejadian sih tanpa bantuan tementemen gue terutama Anya & Inta. Tapi setelah dikasih tau gue rangking 1 jujur gue ngerasa itu beban karna gue harus pertahanin atau tinggiin lagi kan kalo mau undangan. Setelah semester satu gue makin ambis lagi, bener bener se belajar itu deh. Tapi kalo gue, belajar sama liburan harus balance. Tiap minggu pasti gue pergi karna kalo gue lagi gamood belajar ya gue harus pergi biar ngerasa guilty. Jadi bukan berarti kalo mau dapet SNMPTN belajar matimatian setiap hari. Ini semua tentang ngatur waktu biar semuanya dapet. Nah pas kelas 11 nih tibatiba gue pengen komunikasi UI. Gue udah ikut FISIP SUMMIT biar dapet sertifikat lah seenggaknya. Eh tibatiba gue ngerasa kurang cocok aja gitu terus karna bingung banget gue maunya jadi Akun UI, tapi beberapa lama kemudian gue pengen FHUI. Pokonya gajelas deh kelas 11 tuh gue pengen semua fakultas kayaknya. Nah alhamdulillah kelas 11 semester 2 pun berjalan lancar. Sampe akhirnya gue naik kelas ke kelas 12. Di kelas 12 sekolah gue bikin acara visitting campus dan salah satunya ke ITB. Pas di SBM, gue benerbener ngerasa ternyata gue mau SBM ITB. Wah ini nih masa dimana orangorang bilang "Nilai semester 5 tuh penting banget harus naik". Kelas 12 awal-awal gue ga seambis kelas 11 gatau kenapa. Pas rapotnya keluar, bener, rata-rata gue jauh lebih rendah dari kelas 11 semester 2. Gue jadi gayakin bisa dapet undangan. Karena rapot kelas 12 semester 1 gue ga memuaskan, gue langsung ambis banget belajar buat UN. Dulu pas mau UN gue belajarnya tuh tidur sampe jam 11 malem, bangun & belajar sampe jam 4/5 (sekalian tahajud) terus tidur lagi sebentar. Pokonya menjelang UAS dan UN cara belaajar gue kayak gitu. Belajar di dini hari. Kalo gue sendiri ngerasa ternyata itu lebih enak. Karena orang rumah udah pada tidur, jadi lebih konsen aja dan jadinya lebih inget.

Nah akhirnya tanggal 9 mei jam 17.00 WIB dateng juga dan alhamdulillah gue diterima. 
Ini beberapa hal yang gue lakuin sebelum nunggu pengumuman :

1. Setiap ada pr langsung dikerjain, di sekolah pun kalo bisa jadi
2. Sampe rumah harus sempetin belajar. Ini no excuse, liat liat sedikit aja juga gapapa
3. Nyicil. Dari nyicil pr, tugas kelompok, ulangan, uts, dan uas
4. Belajar semaksimal mungkin. Kadang kita udah berenti belajar padahal sebenernya kita masih mampu ngelanjutin, jadi harus diinget nih
5. Les privat (kalo butuh) karena bimbel itu kan belajarnya bareng bareng jadi kalo gue personally lebih ngerekomendasi buat les privat. Kata temen gue yang bimbel juga "bimbel ga ngebantu karna kita belajar buat SBMPTN jadi suka ngedistract" Kalo gue menyarankan bimbelnya abis UN aja biar bisa fokus
6. Sholat 5 waktu
7. Sholat dhuha
8. Sholat hajat (ini gue lakuin dari semester dua setiap hari abis isya pasti sholat hajat dan di sujud terakhir minta doa kayak gini "Ya Allah berikanlah keberuntungan kepada Cut Lakeisha Salsabila Pradhanitya agar dapat diterima/dinyatakan lulus di SBM ITB melalui jalur SNMPTN undangan dan semoga itu yang terbaik untukku dan yang Engkau ridhoi" dan doa itu kata2nya gapernah gue ganti dari awal gue sholat hajat sampe kmrn terakhir sholat hajat buat SNMPTN
9. Sholat tahajud & ditutup sholat witir
10. Setiap sholat atau berdoa gue hampir selalu sampe nangis, karna gue pernah dikasih tau kalo kita berdoa sampe nangis tuh artinya kita khusyu banget & insyaAllah Allah ngabulin
11. Sedekah setiap hari dan sedekah khusus untuk SNMPTN
12. Doain temen-temen kita yang lain. Karena pas kita berdoa buat orang lain, malaikat bakal bilang "Dan bagimu juga kebaikan yang sama"
13. Kalo doain orang gausah bilang ke orangnya biar doanya mujarab
14. Puasa senin kamis, puasa sebanyak mungkin kalo bisa abisin utang, sunnah2 yang ada selalu ikutin, dan pas buka puasa kalo gue setelah baca doanya, berdoa dengan kata2 yang sama seperti di sholat hajat trs ditiupin ke airnya
15. Minta maaf sama orangorang
16. Gencar minta doa sama guru, orangtua, dan keluarga
17. Sebelum ujian selalu, se selalu itu ya minta doa orang tua mau segengsi apapun lo, paksain!!

Itu yang gue rutin lakuin di waktu kemaren. Kalo pas hari H nunggu pengumuman (yang membuat gue sangat enek itu). Jam 9 gue lagi chat sama Imo, terus dia ngingetin gue buat sholat dhuha, langsung gue sholat disitu gue baru ruku udah nangis saking takutnya. Abis itu gue baca yasin & ayatkursi sekali. Pas dzuhur gue sholat dan setelah itu gue berdoa seperti biasa + baca yasin, ayatkursi, surat 18 ayat 20-21, dan surat 20 ayat 25-28. Nah ashar nih. Abis ashar gue langsung sholat hajat. Setelah itu gue doa seperti biasa lalu gue ber istighfar, tahmid, tahlil, tasbih, takbir sebanyakbanyaknya. Lalu baca yasin & ayatkursi lagi. Terus gue berdoa apapun hasilnya semoga yang terbaik, kalo keterima alhamdulillah kalo ngga keterima tolong lapangkanlah dadaku. Gituuu eh pas liat jam udah 16:59 which is 16:59 dan lanjutannya adalah yang di paling atas. 


Ohya Ini doa yang dikasih sama kakek gue dan guru gue








Btw jangan pesimis kalo nilainya turun atau fluktuatif, berdoa aja ada keajaiban. Fyi ini rata rata rapot gue
semester 1 : 81.44
semester 2 : 80.94
semester 3 : 88.00
semester 4 : 89.54
semester 5 : 87.85
Nah ini aja fluktuatif kan mana semester 5 nya jatoh banget lagi.

Yaaa begitu ceritanya. Pokonya jangan lupa bersyukur, jangan lupa bersyukur, jangan lupa bersyukur. Semoga post ini membantu & goodluck buat yang akan nyoba jalur SNMPTN atau jalur lainnya!


lakeisha

Nah begituuu ceritanya. Semoga bermanfaat dan semua yang ditulis diatas nggak ada maksud ria sama sekali yaaa..cuma ingin sharing :-) 

You Might Also Like

0 comments